oleh

Antusias Sambut Pangdam XIV Hasanuddin, Amrullah : Anak Daerah yang Pulang Kampung

Reporter : Ajad Sudrajad

LANGARA – Ratusan warga Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat antusias menyambut kedatangan jendral bintang dua Mayjen TNI Andi Sumanggeruka di Pulau Wawonii. Rombongan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumanggeruka didampingi Danrem 143 HO Brigjen Jannie Aldri Siahaan, Dandim 1417 Kendari Letkol Kav Agus Waluyo dan sejumlah petinggi TNI AD lainnya tiba di Pelabuhan Langara sekitar pukul 18:15 Wita dengan menggunakan KN Pacitan.

Rombongan Pangdam XIV Hasanuddin disambut langsung oleh Bupati Konkep Ir H Amrullah MT dan wakilnya Andi Muh Lutfi SE MM beserta sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). Senin 20 Juli 2020.

Usai disambut dengan pengalungan bunga dan tarian metotambe oleh pelajar asal Konkep. Rombongan Pangdam kemudian bergeser menuju masjid raya Konkep guna melaksanakan ibadah sholat Magrib. Setelah itu rombongan menuju titik kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Pasir Putih dan Desa Matabaho.

Setibanya dilokasi tersebut rombongan di sambut meriah oleh masyarakat Konkep yang sudah menunggu sejak sore hingga malam di lokasi. Pangdam Haaanuddin kemudian mengecek langsung pembangunan drainase yang sudah dikerjakan anggota TNI yang tergabung dalam program TMMD yang ke-108 tahun 2020.

Pangdam Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka mengatakan dirinya merasa menjadi bagian dari Konkep karena dulu ayahnya pernah menjadi Camat di Wawonii.

“Saya merupakan bagian dari daerah ini karena pernah menjalani masa kecil di tahun 1970. Dimana saat itu ayah saya Andi Baso Syam Daud pernah bertugas sebagai Camat di Wawonii,” ungkap Andi Sumangerukka saat membagikan sembako dan masker kepada masyarakat.

Usai berbincang dan berfoto bersama warga Desa Pasir Putih, rombongan yang didampingi Bupati Konkep menuju Desa Matabaho. Di desa ini, Pangdam langsung mengecek pembangunan rumah warga yang dibangun sebanyak 20 unit. Andi juga mengecek pembangunan ruang guru, paving blok dan pembuatan taman di SD Matabaho.

Dalam kunjungan ke Desa Mata Baho, Pangdam berpesan kepada seluruh personel TNI yang bertugas sebagai Satgas TMMD agar menuntaskan pekerjaan bangunan infrastruktur di daerah itu dengan baik sehingga memberikan kenangan indah untuk masyarakat Konkep.

Rombongan akhirnya tiba di rumah jabatan Bupati Konkep sekira pukul 20:30 Wita. Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka dalam sambutannya mengatakan, dahulu daerah ini sangat jauh dari sentuhan pembangunan. Namun saat ini sudah berkembang pesat pembangunannya. Andi kemudian mengulas masa anak-anaknya ketika menjalani kehidupan di pulau ini.

“Saya dulu sewaktu mau ke Kendari atau sebaliknya harus naik kapal kecil berhari-hari di lautan. Bahkan pernah kapal kami patah kemudi. Jadi bisa dibayangkan penderitaan masa itu. Sehingga hari ini saya kembali ke daerah ini seakan mengingatkan masa dulu yang membuat saya bernostalgia,” kenangnya yang disambut tepuk tangan.

Andi Sumangerukka juga mengingatkan kepada warga Wawonii untuk selalu menjaga ke Kekompakkan. Apalagi di masa Covid-19 ini agar senantiasa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara, Bupati Konkep, Amrullah mengatakan dirinya sangat bangga dan terharu atas kunjungan ini. Ia juga mengenang pertemuan terakhirnya dengan sang jendral ketika dirinya usai dilantik sebagai Bupati tahun 2016. Saat itu, kata Amrullah, Pangdam masih menjabat Kepala Intelejen Daerah (Kabinda) Sultra.

“Saat itu saya kunjungan ke pak Andi Sumangerukka sebagai Kabinda Sultra. Dan saat itu juga saya mengatakan semoga dapat bertemu kembali dalam situasi sudah naik pangkat dan ternyata kembali bertemu malam ini sudah menjadi jendral bintang dua. Alhamdulillah kedatangan pak jendral di daerah ini sebagai anak daerah yang pulang di kampung sendiri,” pungkasnya.

Terkini