oleh

Bupati Konkep Serahkan BST Untuk Warga Terdampak Covid-19

Reporter : Ajad Sudrajad

LANGARA – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Ir H Amrullah MT menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI untuk warga terdampak Covid-19 sebesar Rp. 600. 000/per bulan untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni.

Bantuan diserahkan secara simbolis untuk warga Kecamatan Wawonii Barat di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konkep, Kamis 14 Mei 2020.

Bupati Konkep H Amrullah mengatakan, seluruh jenis bantuan, baik itu yang bersumber dari dana BST, Provinsi, Kabupaten, dan Dana Desa (DD) adalah uang negara yang diperuntukkan kepada warga terdampak Covid-19.

Untuk itu seluruh pihak terkait penyaluran bantuan tersebut diminta melaksanakan sebaik mungkin utamanya dalam proses verefikasi data calon penerima  bantuan sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

“Jumlah calon penerima BST dari pemerintah pusat awalnya sebanyak 2.449 KK. Namun karena Dana Desa (DD) sudah disalurkan lebih awal sehingga pada saat di verefikasi ulang tersisa 462 KK yang bakal menerima untuk sumber BST,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, untuk 462 KK calon penerima bantuan BST tersebut tersebar di 6 Kecamatan se-Konkep. Namun untuk di Kecamatan Wawonii Timur belum akan diserahkan karena Kelurahan Munse belum menyetorkan data.

“Sampai saat ini pihak pemerintah Kelurahan Munse belum juga menyetorkan datanya padahal sudah lama disampaikan untuk segera menyetorkan data warganya yang terdampak virus global ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Konkep Muhammad Rustam Arifin mengatakan, untuk penyaluran dana BST hari ini dilakukan di Kecamatan Wawonii Barat kemudian menyusul Kecamatan lainnya.

Untuk penyalurannya sendiri dilakukan sesuai aturan dari Kemensos dilakukan oleh petugas Kantor POS bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos). “Insya Allah kami upayakan dalam sepekan ini penyaluran dana BST periode April sudah bisa dirampungkan,” pungkasnya.

Terkini