oleh

Gempa Berkekuatan 3,6 SR Terjadi Di Konkep, BMKG Sultra: Tidak Berpotensi Tsunami

Reporter: Ferito Julyadi/Editor: Indi La’awu

KENDARI– Gempa Bumi Tektonik berkekuatan 3,6 Skala Riter (SR) di wilayah Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra) sekita pukul 09.42 WITA, Selasa 23 Juni 2020.

Dari data yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 3.73 LS dan 123.03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 52,2 km arah Timur Laut Kota Kendari, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ini merupakan jenis Gempa Bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Naik Tolo,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia melalui pesan WhatsApp (WA).

Ia menjelaskan, Gempa Bumi yang terjadi di wilayah Konkep ini tidak berpotensi Tsunami, dan hasil dari pantauan pihaknya tidak menunjukan akan adanya gempa susulan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar burung, yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat juga harus menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah,” imbau Rosa.

Hingga berita ini diturunkan, BMKG Sultra terus memantau aktifitas Gempa dan belum ada laporan kerusakan berat pasca Gempa. (B)

Terkini