oleh

Konkep Dapat Hibah Kapal dari Kemenhub

Reporter: Ajad Sudrajad
Editor: La Ode Adnan Irham

LANGGARA – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kembali mendapatkan bantuan hibah kapal pelayaran rakyat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kapal berkapasitas 35 Gross Ton (GT) itu dilengkapi 25 kursi penumpang, AC, TV, GPS dan toilet. Rencananya akan diserahkan kepada pengurus BUMDes Sinaulu Jaya, Kecamatan Wawonii Tenggara.

Kepala Dinas Perhubungan Konkep, Harsin Abdul Rahim ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa 28 Januari 2020 berharap kapal itu dimanfaatkan dengan baik.

Selain membantu transportasi laut masyarakat, kapal itu juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Nantinya akan ada bagi hasil, Dishub 20 persen dan BUMDes 80 persen dari hasil operasi kapal tersebut.

“Kemungkinan besar akan diserahkan langsung oleh bapak bupati di bulan Desember tahun ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya 2015 lalu, mendapatkan bantuan satu unit kapal jenis speed boat Konkep 1 dari Kementerian PDT. Kemudian 2017 satu unit kapal speed boat KM Wawonii.

Sedangkan di 2018 dan 2019 juga mendapatkan satu unit kapal pelayaran rakyat dan 25 unit Mobil Hilux jenis pickup dari Kementrian PDT untuk sejumlah BUMDes di tujuh kecamatan se-Konkep.

Terkini