oleh

Pemcam Wawonii Timur Gelar Upacara HUT RI ke-75

Reporter : Ajad Sudrajad

MUNSE – Pemerintah Kecamatan Wawonii Timur (Wantim) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar upacara HUT RI ke-75, Senin 17 Agustus 2020, di Halaman SMP Negeri 1 Wawonii Timur

Upacara tersebut dipimpin langsung Camat Wawonii Timur Iskandar selaku Inspektur upacara, dan selaku komandan upacara yakni Koptu Asbullah.

Adapun pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) HUT RI ini yakni bertindak sebagai pembawa baki Ilna Almayanti, pengibar bendera Darman dan Sudirman. Seluruh petugas upacara merupakan siswa SMA Negeri 1 Wawonii Timur.

Camat Wawonii Timur Iskandar mengungkapkan, upacara HUT RI tahun ini merupakan momen bersejarah bagi bangsa. Meskipun digelar terbatas akibat pandemi, namun pihaknya tetap semangat dan bangga bisa melaksanakan upacara ini.

“Peringatan hari kemerdekaan RI merupakan salah satu wujud penghargaan dan kecintaan kita kepada para pahlawan yang mengorbankan jiwa raga dan harta demi mengusir penjajah, agar kita bisa hidup mandiri dan berdiri sendiri di tanah tumpah darah yang kita cinta ini,” terang Iskandar.

Untuk itu, kata Iskandar, dirinya mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan ilmu pengetahuan serta merekatkan persatuan dan kesatuan antar sesama.

“Jangan karena perbedaan pandang sehingga membuat kita tercerai berai. Sebab perbedaan itu merupakan suatu keindahan dalam dunia demokrasi,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa di tahun ini perayaan 17 Agustus tidak dirangkaikan dengan kegiatan keolahragaan dan seni. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Meskipun daerah kita masuk kategori zona hijau. Namun bukan berarti kita lalai dan mengabaikan protokol kesehatan,” tukasnya.

“Semoga wabah virus corona ini dapat secepatnya berakhir di negeri yang kita cintai ini agar semua dapat kembali normal seperti tahun – tahun sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang Paskibraka Darman, mengucap terima kasih dan rasa syukur karena bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat menjadi salah Paskibraka HUT RI tahun ini.

Meskipun, kata Darman, Paskibraka tahun ini hanya berjumlah 9 orang namun kami tetap merasa bangga dan bahagia bisa melaksanakan upacara peringatan hari jadi bangsa indonesia.

“Saya dan teman – teman yang lain memiliki impian untuk mengibarkan bendera merah putih tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga bisa sampai di tingkat provinsi, bahkan nasional,” tutur Darman.

Upacara HUT RI ini turut dihadiri Babimtikmas Brigadir Mulyana, Babinsa 1417 Wawonii Kopral Satu Asbullah, Kepala Puskesmas Waworete beserta Staf, Kepala KUA Wantim, Kepala Desa dan Lurah beserta Perangkat Desa, Kepala Sekolah SMA, SMP, SD, Guru se-Wantim, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda.

Terkini